//
you're reading...
EduKasi, Model Pembelajaran

Pengajaran Individual

Istilah “Pengajaran Individual” atau “Pengajaran Perseorangan” (Indiviaul Instruction) merupakan suatu siasat (strategi) untuk mengatur kegiatan belajar mengajar sedemikian rupa sehingga setiap siswa memperoleh perhhatian lebih banyak dari pada yang dapat diberikan dlam rangka pengelolaan kegiatan belajar mengajar dalam kelompok siswa yang besar. Menrut duane (1973) pengajaran individual merupakan suatu cara pengaturan program belajar dalam setiap mata pelajaran, disusun dalam suatu cara tertentu yang disediakan bagi tiap siswa agar dapat memacu kecepatan belajarnya dibawa bimbingan guru. Pengajaran individual dapat mencakup cara-cara pengaturan sebagai berikut:

Rencana Studi Mandiri (Independent Study plans)

Guru dan siswa bersama-sama mengadakan perjanjianmengenai materi pelajaran yang akan dipelajari dan apa tujuannya. Para siswa mengatur belajarya sendiri dan diberikan kesempatan untk berkonsultasi secara berkala kepada guru untukmemperoleh pengarahan atau bantuan dalam menghadapi tes dan menyelesaikan tugas-tugas perseorangan.

Studi yang Dikelola Sendiri (Self-Directed Study)

Siswa diberi sejumlah daftar tujuan yang harus dicapai serta materi pelajaran yang harus dipelajari untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dilengkapi dengan daftar kepustakaan. Pada waktu-waktu tertentu siswa menempuh tes dan dinyatakan lulus apabila telah memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Prgram Belajar yang berpusat pada siswa (Learner-Centered Program)

Dalam batas-batas tertentu siswa diperbolehkan menentukan sendiri materi yang akan dipelajari dan dalam urutan yang bagaimana. Setelah siswa menguasai kemampuan-kemampuan pokok dan esensial, maereka diberi kesempatan untuk belajar program pengayaan.

Belajar Menurut Kecepatan Sendiri (Self-Pacing)

Siswa mempelajari materi pelajaran tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran khusus yang telah ditetakan oleh guru. Sema siswa arus mencapai tujuan pembelajaran khusus yang sama, namn mereka mengatur sendiri laju kemajuan belajarnya daam mempelajari materi pelajaran tersebut.

Pembelajaran yang ditentukan oleh siswa sendiri. (Student-Determined Instruction)

Pengaturan pembelajaran tersebut menyangkut: penentuan tujuan pembelajaran (umum dan khusus), pilihan media pembelajaran dan nara suumber,  penentuan alokasi waktu untukmempelajari berbagai topik,penentuan laju kemajuan sendiri, mengevaluasi sendiri pencapain tujuan pembelajaran, dan kebebasan untuk memprioritaskan materi pelajaran tertentu.

Pembelajaran Sesuai Diri (Individual Instruction)

Strategi pembelajaran ini mencakup enam unsur dasar, yaitu, a) kerangka waktu yang luwes; b) adanya tes diagnostik yang diikuti pembelajaran perbaikan (memperbaiki keselahan yang dibuat siswa atau memberi kesempatan kepada isiwa untuk ;melangkah bagian materi pelajaran yang telah dikuasainya; c) pemberian kesempatan kepada siswa untuk memilih bahan belajar yang sesuai; d) penilain kemajuan belajar siswa dengan menggunakan bentuk-bentuk penilaian yang dapat dipilih dan penyediaan waktu mengerjakan yang luwes; e) pemilihan lokasi belajar yang bebas; dan f) adanya bentuk-bentuk kegiatan belajar bervariasi yang dapat dipilih.

Pembelajaran Perseorangan Tertuntun (Indivully Prescribed Instruction)

Sistem pembelajaran ini didasarkan pada prinsip-prinsip pembelajaran terprogram. Setiap siswa diarahkan pada program belajar masing-masing berdasarkan rencana kegiatan belajar yang telah disiapkan oleh guru atau guru bersama siswa berdasrkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan dirumuskan secara operasional. Rencana kegiatan ini berkaitan dengan materi pelajaran yang harus dipelajari atau kegiatan yang harus dilakukan siswa.

(Diambil dari berbagai sumber)

About MiMiN

Beranjak dari kekosongan untuk mengisi hal yang belum terisi. Tiadalah suatu laku yang tak bermakna. Sharing informasi sebagai jendela cakrawala pengetahuan.

Diskusi

3 respons untuk ‘Pengajaran Individual

  1. thnkz yakk….

    Posted by Jalal Limboto | 11 Desember 2010, 12:33

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: oktarisrochma - 20 Januari 2013

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pengunjuang

  • 3.051 hit